02 November 2018

Tempat-Tempat Menarik Di Tarutung

Tempat-Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi Di Tarutung


perempatan tarutung kota

Tarutung memang belum begitu terkenal seperti Danau Toba atau Brastagi. Namun Tarutung menjadi destinasi wisata rohani, dan juga tetap memiliki beberapa tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan, berikut beberapa tempat wisata yang menarik di tarutung;

Salib Kasih




Tarutung juga dikenal sebagai kota wisata rohani di mana di kota tersebut berdiri bangunan salib megah yang dinamai Salib Kasih. Bangunan tersebut didirikan untuk mengenang peristiwa penyebaran agama Kristen di tanah Batak yang dirintis oleh Misionaris asal Jerman, yaitu Dr. I.L. Nommennsen.


Rumah Kapal




Dolok  Siatas Barita di Silindung, kini tak hanya mengandalkan lokasi monumen Salib Kasih sebagai lokasi wisata yang mengundang kehadiran banyak pengunjung. Sebelum sampai ke lokasi Salib Kasih, terdapat sebuah tempat singgah yang tidak boleh anda lewatkan. Dari tempat ini pemandangan indah lembah bisa dinikmati sepuasnya. Suasana asri dan keindahan bagai lukisan ada di sini. Tempat ini sendiri merupakan bangunan  berbentuk kapal dengan sebuah patung Yesus yang berpose seperti pada saat meredakan badai.


jalur masuk menuju salib kasih


Salib kasih berada di di dolok siatas barita, anda bisa masuk dari Jalan tarutung- padang sidempuan simorangkir untuk mencapainya. Lokasinya tidak terlalu jauh dengan patung Tuhan Yesus yang sedang dalam proses pengerjaan.



  Sopo partungkoan

sopo partungkoan kota tarutung


Sopo partungkoan berada di pusat kota tarutung tepatnya di jalan sisingamangaraja. Sopo partukkoan sendiri berarti tempat pertemuan.  Sopo partukkoan terdiri dari 3 bangunan berbentuk ruma bolon (rumah adat suku batak) yang melambangkan filsafah adat suku batak dalihan natolu (tiga tungku).
                    

Gua natumandi

gua natumandi

Obyek wisata alam Gua Natumandi terletak didesa Hutabarat Partali Kecamatan Tarutung, dan berada sisi di pinggiran aliran aek (sungai) Natumandi. Natumandi sendiri adalah nama seorang gadis boru hutabarat yang berubah jadi seekor ular setelah diajak kawin lari oleh seorang pemuda sakti jelmaan ular yang bernama mangunsong. Konon mereka lari ke gua tersebut dan menetap disana.

            
 Pemandian air panas hutabarat


Setelah anda lelah seharian keliling kota tarutung akan lebih lengkap rasanya jika anda berendam di tempat pemandian air panas hutabarat. Pemandian air panas hutabarat Letaknya di desa partali hutabarat, kalau anda dari arah kota (jl. DI panjaitan) lurus saja lewat terminal madya tarutung, terus ke perempatan hutabarat. lurus saja ke jl. Mayjend j.samosir, disana ada 4-5 tempat pemandian air panas yang bisa anda coba.
              

 Pemandian air soda



Pemandian air sodaLetaknya di desa parbubu Dari arah perempatan kota ke Jalan putri lopian. Lurus saja dan akan ketemu lokasinya. Pemandian ini sudah dikelola dan dikembangkan sejak tahun 1976 menjadi Objek Wisata, yang dikelola oleh Minar Sihite (Op. Ridoi Tobing/br Sihite). Warna airnya nyaris berwarna merah sehingga nama Pemandian Air Soda Tarutung dalam bahasa batak toba disebut Aek Rara Tarutung, aek adalah air dan rara adalah merah. Bila kita mandi di air soda maka tubuh kita akan berbusa dan mata akan perih jika terkena percikan airnya. Airnya tidak lengket dibadan seperti minuman bersoda.


Gereja HKBP Pea Raja Tarutung



Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) adalah gereja yang beraliran Kristen Protestan di kalangan masyarakat Batak. Gereja ini merupakan yang terbesar di antara Gereja-gereja Protestan yang ada di Indonesia, sehingga menjadikannya organisasi keagamaan terbesar ketiga setelah Nahdlatul 'Ulama dan Muhammadiyah. Gereja ini tumbuh dari misi RMG (Rheinische Missionsgesellschaft) dari Jerman dan resmi berdiri pada Senin, 7 Oktober 1861. HKBP berkantor pusat di Pearaja yang berjarak sekitar 1 km dari pusat kota Tarutung. Pearaja merupakan sebuah desa yang terletak di sepanjang jalan menuju kota Sibolga. Disana juga terdapat Kompleks perkantoran HKBP  (pusat administrasi organisasi HKBP) yang berada dalam area lebih kurang 20 hektare. Di kompleks ini juga Ephorus (=uskup) sebagai pimpinan tertinggi HKBP berkantor


Gereja Dame Saitnihuta

Gereja Dame Saitnihuta merupakan gereja pertama yang berdiri di kawasan silindung. Diyakini I.L Nommensen memimpin kebaktian yang pertama di Saitnihuta. HKBP Pearaja yang sekarang ini adalah pindahan dari godung gereja Huta Dame Saitnihuta. Namun setelah lama gereja HKBP Pearaja berdiri dan untuk menghargai fakta sejarah, setelah di Rura Silindung kekristenan berkembang pesat, para jemaat Kristen disekitar Saitnihuta kembali mendirikan Gereja ditempat semula. Setelah sembilan tahun Nommensen tinggal di godung Huta Dame Saitnihuta (1864-1872) di daerah tersebut sering dilanda banjir, Dr.I.L Nommensen menilai desa Dame Saitnihuta tidak lagi memungkinkan karena sering terjadi banjir yang sering menggenangi bangunan Gereja. Maka dari tahun 1872, Gereja yang ada digodung Huta Dame Saitnihuta resmi pindah ke Pearaja baik bangunan Gereja, Inventaris serta seluruh anggota jemaat. Dengan kata lain Gereja HKBP Pearaja yang sekarang ini sebelumnya merupakan gereja di Huta Dame Saitnihuta.


Monumen Raja Panggabean



monumen raja panggabean terdapat di desa simorangkir jl.tarutung-padang sidempuan


Patung Dr Ingwer Nomensen

patung IL Nomensen di Salib Kasih

terdapat 2 patung Dr Ingwer Nomensen di silindung. Yaitu yang terdapat di sait ni hita dan kawasan salib kasih. Patung tersebut merupakan bentuk penghormatan masyarakat terhadap sosok misionaris yang membawa agama Kristen ke tanah batak. 


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon